Manfaat Daun Sirih Merah


Manfaat Daun Sirih Merah bagi kesehatan




                           
Semarang, 07Okt’17,Indonesia memiliki banyak tanaman herbal yang sangat bermanfaat baik untuk pengobatan, kecantikan dan berbagai macam kegunaan lainnya. Salah satu tanaman itu adalah daun sirih merah atau yang sering disebut daun kelor, daun sirih merah banyak di tanam sebagai tanaman hias maupun untuk digunakan sebagai tanaman obat. Ciri khas tanaman sirih merah ialah daunnya yang menyerupai bentuk hati dengan bagian ujung yang meruncing. Warna dasar daun adalah hijau dengan corak-corak berwarna kemerahan atau keunguanDaun sirih adalah tanaman yang merambat yang memiliki panjang 5-8 cm dan lebar 2-5 cm, bau khas yang di hasilkan dari daun sirih apabila daun sirih di remas hingga daun menjadi hancur.

Khasiat daun sirih merah adalah untuk mengatasi berbagai masalah berkaitan dengan bau badan, bau mulut hingga penyakit ambient , khasiat lainnya adalah untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, batu ginjal, hepatitis, mencegah stroke, asam urat dan untuk keputihan.“Daun sirih merah ini memang banyak manfaatnya, warga sini sudah banyak yang menanam daun sirih merah ini’Ujar Mbak Tini warga suryokusumo.
Ibu Sri mengatakan bahwa jika ingin merasakan khasiat daun sirih merah ini , caranya mudah dengan merebus 3-5 lembar daun sirih merah dengan 2 gelas air dan meminumnya secara rutin.
          Cara menanam tumbuhan ini juga tergolong sangat mudah, yaitu hanya memotong dari bagian batang sirih merah dan dimasukkan ke kolibet lalu di letakkan diarea lembab serta tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Jika saat penanaman tumbuhan ini diletakkan pada tempat/area yang dapat langsung terjangkau oleh sinar matahari, maka kemungkinan besar sirih merah tidak akan bisa hidup, karena batangnya lama-kelamaan akan mengalami pengeringan.

Berikut ini khasiat daun sirih merah yang ada di sekitar kita:
  • Obat mimisan
Gulung 1 lembar daun sirih, kemudian sumbatkan ke dalam lubang hidung yang mengeluarkan darah.
  • Mengatasi Asma
Siapkan lima lembar daun sirih merah. Rebus dalam dua gelas air putih dan tunggu hingga airnya menjadi satu gelas saja. Minum dua gelas dalam satu hari dan lakukan secara rutin.
  • Mengatasi Penyakit Kulit

Haluskan beberapa lembar daun sirih merah sampai benar-benar halus. Bubuhkan pada bagian kulit yang terkena penyakit tersebut, lalu tutup dengan kain kasa atau perban. Diamkan selama 15 menit lalu lepaskan perban.
  • Obat batuk
Untuk mengobati penyakit batuk dapat memanfaatkan daun sirih merah ini, caranya :
  • Siapkan 5 lembar daun sirih merah
  • Rebus dengan 300 ml air
  • Minum untuk 2 kali dalam sehari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT DAUN GINGSENG JAWA UNTUK TUBUH