MANFAAT BUDIDAYA TANAMAN SECARA HIDROPONIK

MANFAAT BUDIDAYA TANAMAN SECARA HIDROPONIK



Semarang,30’Nov , Hidroponik merupakan salah satu media tanam tanpa menggunakan tanah sebagai penumbuhan tanaman. Penanaman ini merupakan hal yang baru dalam dunia pertanian, namun banyak yang belum mengetahui bertanam secara hidroponik. “saya tidak tau cara bertanam secara hidroponik tetapi saya pernah mendengar tentang penanaman sayuran secara hidroponik karena menurut saya juga menggunakan metode penanaman tersebut dapat menghasilkan kualitas yang bagus bagi sayuran dan buah-buahan” (Sri 50th).

Tanaman yang menggunakan hidroponik dapat di tanam menggunakan pot atau wadah dengan menggunakan air atau bahan lainnya berupa kerikil, pecahan genteng, pasir, pecahan batu ambang, dan lain sebagainya.
Hidroponik sendiri sebenarnya adalah metode penanaman yang ramah lingkungan, karena tidak memerlukan pestisida. Cara budidaya tanaman ini dengan penanaman di dalam air, meskipun di tanam di dalam air , namun tumbuhan yang dibudidayakan dengan teknik ini membutuhkan lebih sedikit air, sehingga penamaman hidroponik ini sangat cocok di coba pada daerah yang memiliki jumlah air yang sedikit.
Sayuran, buah-buahan yang dihasilkan dari budidaya hidroponik tersebut memiliki kualitas yang baik. Tentu akan lebih menyehatkan karena terbebas dari bahan kimia. Tetapi tidak semua tanaman bisa menggunakan metode hidroponik tersebut. Hanya cocok pada beberapa jenis tanaman seperti tomat, paprika, melon, seledri, dan bayam.


Salah satu pembudidaya secara hidroponik(Budi 40th) mengatakan ada tips yang harus di perhatikan untuk menanam secara hidroponik ini, seperti jangan sampai membiarkan sayuran tersebut tumbuh terlalu besar. Karena bisa menghambat sirkulasi udara yang berakibat sayuran menjadi layu atau kualitas sayuran tidak bagus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MANFAAT DAUN GINGSENG JAWA UNTUK TUBUH